Thursday, April 05, 2018
0
Apabila Anda sedang berada di sebuah kantor pelayanan, pastinya pernah mendengar tentang istilah pelayanan prima. Apa itu pengertian pelayanan prima? Apakah yang melayani adalah seseorang yang harus memiliki kesehatan yang prima? Tentu bukan hanya itu saja faktornya, pasti ada alasan lain mengapa bisa dinamakan dengan pelayanan prima.
Anda pernah berada di kantor seperti bank atau kantor pos dan mendapatkan pelayanan prima? Tentu hal semacam ini bisa membuat Anda merasa nyaman bukan? Sebenarnya istilah tersebut memiliki arti yang bisa Anda ketahui. Pelayanan yang prima bukan hanya berhubungan dengan fisik si pemberi layanan saja tetapi ada faktor lainnya yang mempengaruhi.

Pengertian,
Menurut beberapa sumber, pengertian pelayanan prima itu meliputi banyak kualitas. Kualitas di sini seperti kualitas untuk dari produk, proses, lingkungan, jasa dan manusia. Jadi, pelayanan prima itu bisa dilihat dari beberapa aspek tersebut. Memberikan pelayanan yang prima itu sangat penting bagi seseorang yang sedang membuka usaha. Mengapa? Karena ini akan menarik hati calon pelanggan. Tentu Anda semua merasa senang dengan pelayanan sebuah kantor yang begitu mengagungkan para pelanggannya bukan? Istilah pembeli adalah raja benar-benar diberlakukan pada sebuah kantor dengan pelayanan prima tersebut.

Prima Berdasarkan konsep A3, 

Yaitu pelayanan yang diberikan kepada pelangggan dengan menggunakan pendekatan sikap (attitude), perhatian (attention) dan tindakan (action).

A. pelayanan prima berdasarkan sikap ( ATTITUDE )
    adalah pemberian pelayanan kepada para pelanggan dengan fokus pada perbaikan sikap (attitude) tentang pelayanan. pelayanan prima berdasarkan sikap ini meliputi :
  1. pelayanan dengan penampilan serasi
  2. pelayanan dengan pikiran positif
  3. pelayanan prima dengan sikap menghargai
B. pelayanan prima berdasarkan perhatian ( ATTENTION )
   pelayanan prima berdasarkan konsep perhatian mencakup tiga prinsip pokok, yaitu:
  1. mendengarkan dan memahami secara sungguh-sungguh kebutuhan para kolega dan pelanggan
  2. mengamati dan mendengar perilaku para kolega dan pelanggan
  3. mencurahkan perhatian penuh pada kolega dan pelanggan
C. pelayanan prima berdasarkan tindakan ( ACTION )
    melaksanakan pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan terdiri dari:
  1. mencatat pesanan pelanggan
  2. mencatat kebutuhan pelanggan
  3. menegaskan kembali kebutuhan pelanggan
  4. mewujudkan kebutuhan pelanggan
  5. menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali

Siapkah anda memberikan pelayanan prima ?? 

Salam 

TSA

0 comments:

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »