Tuesday, August 30, 2011
8
Assalamu'alaikum sobat ....
MINAL AIDIN WALFAIDZIN ...
SELAMAT HARIRAYA IDUL FITRI 1432 H

Tahun ini merupakan tahun yang berbeda lagi , Penetapan 1 Syawal 1432 H terjadi lagi perbedaan yang membuat masyarakat bingung dan kehilanagan arah mengapa ?
Hilal dalam penetapan secara Syari'ah yang kita ketahui adalah munculnya atau terlihatnya bulan baru oleh "mata telanjang" sebagai tanda awal perubahan bulan , penetapan Hilal yang selalu menjadi perdebatan di Dunia adalah Penetapan 1 Syawal ada dua hal cara penetapan tersebut yang masing masing mempunya dalil yang saling menguatkan .
Pada tanggal 29 Agustus 2011 hilal terlihat antara 1-2 derajad di seluruh Indonesia sangat susah terlihat oleh mata telanjang ( sesuai sari'ah ) .

maka bagi kalangan yang menggunakan criteria wujudul hilal (hilal wujud di atas ufuk dengan prinsip wilayatul hukmi Indonesia), maka dipastikan Idul Fitri jatuh pada tanggal  30/8 .
Sedangkan kalangan yang memakai criteria visibilitas hilal (imkan rukyat), maka besar kemungkinan berhari raya pada   31/8.  Menurut criteria tersebut, batas ketinggian hilal yang bisa dirukyat   mesti berada pada di atas 2 derajat.

Dibalik perbedaan tersebut hendaklah tiada muatan maksud lain selain karena Allah , yang memuakkan adalah bertapa kejinya seseorang yang menghujat seorang lainnya yang berpendapat lain darinya . Na'udzubillahininzaalik !!

Disebuat tayangan Televisi saya sempat miris mendengar komentar seorang yang mengaku muslim yang kecewa karena Pemerintah resmi mengumumkan 1 Syawal 1432 H  jatuh pada tanggal 31 Agustus 2011 dengan alasan batal memakai baju baru , ada yang sudah menyiapkan sebuah seremonial penyambutan 1 Syawal dengan pawai Obor dan akhirnya batal dan Rame rame protes . Subhanallah !!! Ini Muslim apa Gak Sih ?! . Cobalah bercermin dari beberapa orang yang begitu sedihnya meninggalkan Ramadhan mereka sangat menginginkan Ramadhan sepanjang tahun tanpa henti sangkin nikmatnya bagi mereka Ramadhan .

Menurut Menteri Agama ( Lembaga keagamaan teringgi di Indonesia ) mengatakan Hilal yang tak tampak oleh mata telanjang karena hanya 2 derajat yang sangat susah untuk dipastikan Menggenapkan Ramadhan menjadi 30 sesuai dengan Hadits Nabi SAW . Namun jika ada pula mereka dari golongan lain mengatakan melihat hilal atau dengan perhitungan ( hisab ) dengan tecknology biarkanlah juga mereka dengan keyakinan itu janganlag kita berpisah karenanya .

Harapan kita kedepannya di Indonesia kita dipersatukan dengan satu keputusan bulat tanpa harus membuat perbedaan  yang membingungkan umat . Biarlah kami mengikuti satu keputusan yang menjadikan tiadanya bibit perpecahan yang membuat5 kita rapuh untuk disarang oleh Kaum lain . Untuk mewujutkan itu tentunya perlulah toleransi internal dan kedewasaan kita dalam memahami Islam dan kedewasaan dalam menterjemahkan Qur'an dan Hadits

8 comments:

Algo Wijaya said...
This comment has been removed by the author.
Algo Wijaya said...
This comment has been removed by the author.
Algo Wijaya said...

Minal aidin wal faidzin juga mas.

Saya sih ikut lebaran yang hari ini. Soalnya kalo di tempat saya biasanya lebarannya pada kompak satu kampung.Minal aidin wal faidzin juga mas.

Saya sih ikut lebaran yang hari ini. Soalnya kalo di tempat saya biasanya lebarannya pada kompak satu kampung.

Insan Robbani said...

biarkan waktu berbeda yang penting tujuannya sama, selamat hari Raya Idul Fitri 1 Syawal, mohon maaf lahir dan bathin

PCB Cekgu said...

salam kemenangan dari cekgu.... Sumtera Utara....

blog-nailah said...

Perbedaan bila disikapi dengan bijaksana tidak akan membuat perpecahan.Bahkan perbedaan ini adalah rahmat bagi kita Ummat Islam.
Karena masing-masing mempunyai metoda penghitungan dan juga pernah dilaksanakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dahulu.
Selamat Hari Raya Mohon Maaf Lahir Batin sahabat

husnu setiawan said...

gan ada award dari kami :)
mohon di ambil yaa :)

T Said Annuhsi said...

Gan Husnu Setiawan
wah.. Terimakasih ya Awardnya :)
segera saya ambil ya.. he he he

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »