Monday, October 15, 2018
0
Sebelum melaksanakan pemeriksaan dan pengukuran komponen undercarriage yang lain, track tension pada kedua sisi harus dikencangkan. Untuk melakukannya dengan cara memasukkan pin pada bagian sprocket tooth di bawah track chain. Crawler kemudian kita jalankan mundur sehingga sprocket akan menjepit pin dan mengencangkan chain.

undercarriage1
Pastikan juga komponen yang akan diukur dalam kondisi bersih agar hasil yang didapatkan benar benar valid. Untuk form pengukuran komponen-komponen undercarriage dapat dilihat pada halaman selanjutnya.

undercarriage2



A. Link Tread Wear 

1. Multiscale 

Ukur link height dari track shoe ke track tread. Lakukan pengukuran pada tiga tempat di setiap sisi track link. 

2. Ultrasonic 

Measure distance between top of bushing bore and link tread. Align the tool so that it is directly over the center of the bore.

undercarriage3


B. Link Pitch

Pengukuran link pitch dilaksanakan untuk mengetahui internal wear antara pin dengan bushing. Bagian dalam antara pin dengan bushing saling bergesekan satu sama lain, sehingga menyebabkan keausan. Semakin lama umur komponen, panjang link pitch akan semakin bertambah. Pengukuran dilakukan dengan mengencangkan track terlebih dahulu (ganjal sprocket menggunakan pin). Lalu kita ukur jarak antara master pin dengan reguler pin .

Bila pengukuran tidak menyertakan master pin (hanya mengukur reguler saja) kita ambil jarak 3 pin/ 2 link dari master pin sebagai patokan, lalu kita ukur panjang 5 pin (P).

undercarriage4

C. Link mate Face Wear

undercarriage5


D. Loose track shoe hardware

Pemeriksaan dengan menggunakan hammer, bila ada bolt yang kendor akan ada perbedaan suara yang terdengar. Segera kencangkan bolt shoe.



E. Grouser wear 

Pengukuran dilakukan dari puncak grouser hingga ke bagian dasar. Lakukan pemeriksaan lebih dari satu tempat, serta pastikan permukaan grouser yang dilakukan pemeriksaan tidak mengalami chipping. 

Bila menggunakan ultrasonic tool tempatkan probe pada ¼ bagian dari ujung grouser. Serta pastikan permukaan grouser bersih.


F. Bushing wear 

1. Multiscale 
Measure forward drive side OD (A), radial wear OD  (B) and reverse drive side OD (C). Use the smallest value of A, B and C

2. Ultrasonic tool


G. Carrier Roller tread wear

1. Outside caliper 

Measure tread diameter by closing the caliper snugly around the tread area and pulling the caliper tips down. Then place caliper against a scale and record measurement.



2. Ultrasonic
Use ultrasonic tool to measure wall thickness of roller shell. Align tool so that it is near the outer edge of the tread width.

H. Flange Roller width




I. Front idler tread depth 

1. Dengan menggunakan mistar/ multiscale




2. Ultrasonic 
Measure thickness of idler shell. For type A, align probe so that it is at the center of 

the tread width. For type B, measure thickness at the innermost and outermost points on the tread width and use the smallest value.


J. Guide Plate Wear & Flange wear




K. Sprocket wear 

1. Sprocket Wear Gauge 
Be sure to use the correct sprocket wear gauge for the machine model. Place gauge over two sprocket teeth and fit the upper and lower portions at the standard line. Align the gauge so that the amount of wear on both teeth is about.




equal. On solid sprockets the standard line is not always clear. In this case wear should be estimated based on tooth profile. Pay special attention to these wear patterns 

(1). Forward drive side wear 
(2). Reverse drive side wear 
(3). Forward tip wear 
(4). Root Wear 
(5). Reverse tip wear 
(6). Side wear




2. Ultrasonic 
Use ultrasonic tool to measure tread thickness as shown in diagram.


Rangkuman:

Pemeriksaan undercarriage adalah meneliti bagian bagian yang telah aus dari komponen undercarriage, sehingga dapat diketahui sudah berapa (%) keausan itu terjadi dan masih berapa lama lagi komponen itu dapat dipakai 


Tujuan diadakannya pemeriksaan terhadap komponen undercarriage antara lain:


1. Memperpanjang umur komponen. 
2. Mencegah keausan yang berlebihan, yang sebenarnya komponen tersebut masih dapat diperbaiki kembali. 
3. Mencegah terjadinya keausan sebelum waktunya. 

Kerugian bila tidak memperhatikan perawatan :

1. Akan memperpendek umur komponen undercarriage 
2. Pemborosan spare part. 
3. Menurunkan efesiensi kerja unit 
4. Forward drive side wear (keausan normal saat bergerak maju) 
5. Reverse drive cycle (keausan normal saat bergerak mundur) 
6. Root/ radial wear 
7. Reverse tip wear 
8. Forward tip wear 
9. Side face wear

Sumber
www.teknikmesin.web.id

0 comments:

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »