Assalamualaikum wr wb
Kali ini kita akan mengidentifikasi dan memetakan customer menurut habbit dan account nya
dalam upaya penjualan sebuah product tentunya ada banyak cara untuk membuat sebuah deal , namun tidak semua orang mampu melakukan terobosan terobosan diluar whirlwind ( Kebiasaan kerja sehari hari) .
pada kesempatan ini saya akan mencoba memetakan customer dan bagaimana cara penanganannya agar dalam pekerjaan kita lebih terarah dan lebih terukur dalam bertindak
1. Jade Customer
Siapa dia ?- Customer yang diiginkan , diidamkan dan menjadi kekuatan dan kebanggaan
- Mengininkan kinerja yang sangat baik
- Penegosiasi Bisnis yang alot dan sengit
- Tidak mendapat banyak nilai dari Customer service
- Rentan untuk berpaling ke Kompetitor
Penanganan:
- Fokus pada nilai fungsional ( Finance , Accounting ,dan Service )
- Investasi memalui penawaran product yang terbaik ( Product Support )
- Mendasign program yang efektif untuk mendapatkan kepercayaan dan loyalitas customer
2. Diamond Customer
Siapa dia ?- Bermitra dalam jangka panjang dan mendapat nilai Superior
- Hubungan yang seimbang dan saling menguntungkan
Penanganan :
- Fokus pada nilai fisikilogis ( Nama Merk , faktor berwujud yang terkait dan dukungan teknis yang flexible
- Berbagi resiko dan Nilai
- Perencanaan solusi jangka panjang untuk hasil Win-win solution ( saling menguntungkan )
- Perlu mempertahankan hubungan melalui komunikasi yang dekat dan High touch ( sentuhan tinggi )
3. Lime Stone Customer
Siapa dia ?- Tidk akan bayar extra untuk kualitas
- Suka berterus terang " HIT & RUN "
- Tidak suka dan memperdulikan nilai Customer service
Penanganan:
- Fokus pada nilai ekonomi atau benefit
- Perli berhati hati terhadap " TIME WASTER"( menghabiskan banyak waktu karena hal yang bertele tele)
- Mempertimbangkan untuk mengurngi investasi atau mengubah ke status yang menguntungkan keduabelah pihak
- Perlu memindahkan dan mengarahkan mereka ke tingkat keuntungan yang lebih tinggi
4.Iron -Ore Customer
Siapa mereka ?- Sangat menuntuk nilai superior
- Mengexploitasi hubungan dengan negosiasi yang sangat sengit
- Ingin mendapatkan service dengan perhatian khusus
Penanganan:
- Fokus pada nilai ekonomi dan benefit ( Program yang flexible / disesuaikan dengan mereka)
- Lebihbanyak energy dan usaha bergantung pada benefit yang ditawarkan dan biaya terkait
- Beresiko kahilangan mereka atau meningkatkan mereka pada kelompok Diamnd Customer
Demikian ulasan singkat mengenai Mapping customer type
mudah mudahan kita sebagai seorang marketing memahami sifat dan bagaimana cara penanganan customer sehingga kita menjadi sales yang handal dengan tingkat "Business Consultant" .
Salam sukses
TSA
0 comments:
Post a Comment