Tuesday, April 29, 2014
1


dr. Fransisca Kartikawati. MKK

Penyebab Sakit Kepala ternyata bukan hanya tekanan darah yang tinggi, stress atau gangguan pada otak yang dapat memicu sakit kepala, tapi hal sederhana dapat menyebabkan sakit kepala yang mengganggu.
Sakit migrain bisa terjadi karena adanya perubahan hormon estrogen
Hormon estrogen lebih banyak dipunyai oleh wanita dan bisa juga menyebabkan penyakit migrain terutama pada waktu hormon tersebut dalam keadaan tidak stabil terutama ketika akan datangnya haid atau pada saat haid, ketika wanita sedang hamil atau ketika sedang menjalankan terapi hormon.

Ketika dalam keadaan capek atau penat
Aktivitas fisikal yang berat bisa juga menyebabkan terjadinya penyakit migrain, atau aktivitas olahraga yang berat.
 
Karena perubahan cuaca
Perubahan cuaca yang drastis dan perubahan tekanan udara yang tidak menentu bisa juga menyebabkan sakit migrain.



Karena stimulasi dari anggota tubuh
Stimulasi anggota tubuh itu contohnya adalah suara yang terlalu keras, cahaya yang terlalu terang, bau-bauan tertentu yang sangat tajam menyengat contohnya bau asap rokok, parfum/minyak wangi bisa juga menyebabkan terjadinya penyakit migrain.



Jadwal tidur yang tidak teratur
Jadwal tidur yang tidak teratur contohnya kurang tidur atau tidur dalam waktu yang hanya sedikit dan juga tidur yang terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit migrain.


Karena makanan dan minuman
Kandungan zat yang terdapat dalam makanan dan minuman juga bisa menjadi sebab sakit migrain. Sebagai contoh adalah minuman yang mengandung alkohol, atau minuman yang mengandung kafein sebaiknya jangan dikonsumsi oleh penderita sakit migrain. Coklat, keju atau makanan yang mengandung penyedap rasa MSG dan bahan pengawet juga bisa menyebabkan sakit migrain.

  
Zat tiramin
Atau zat yang terkandung didalam makanan yang proses pembuatannya memakan waktu lama, misalnya keju (termasuk blue cheese, keju cheddar, keju parmesan dan keju Swiss). Semakin lama proses pembuatan makanan tersebut, semakin banyak kandungan tiramin didalamnya. Tiramin juga banyak terdapat pada minuman beralkohol, dan kandungan alkohol tersebut juga dapat meningkatkan tekanan darah ke otak sehingga membuat Anda semakin pusing.
 
Melewatkan makan.
Hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah menurun. Saat perut kosong, hindari mengkonsumsi makanan manis, terutama permen, karena akan memperparah kadar gula darah. Belum lagi pada penderita gastritis, terlambat makan dapat memicu naiknya asam lambung dan dapat memberikan efek sakit kepala.

Gerakan atau postur tubuh yang salah.
Misalnya menjepit telepon diantara telinga dan pundak, duduk dengan kursi tanpa penyangga punggung, jarak pandang yang terlalu dekat atau terlalu jauh (misalnya pada monitor atau tv) .

Dehidrasi. Kurangnya cairan juga dapat berdampak pada keseimbangan sel dalam tubuh kita, yang dapat memberikan manifestasi berupa sakit kepala.

Asap rokok.
Nikotin yang terkandung didalamnya menyebabkan pembuluh darah pada otak menyempit. Terutama bagi penderita migrain, asap rokok akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, bahkan akan berpengaruh juga pada mata dan hidung.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit kepala itu timbul lagi, adalah :
·         Kelola stress dengan baik, misalnya dengan melakukan meditasi atau pemijatan.
·                     Olahraga. Berjalan kaki adalah pilihan yang pas, karena dengan berjalan kaki, gerakan tangan yang mengayun akan membuat otot leher dan pundak menjadi lebih rileks.
·         Makan dengan teratur akan menjaga kadar gula dalam darah tetap normal.
·         Posisi bekerja yang baik dan benar
·         Hidup sehat
                          

SEMOGA BERMANFAAT…..

1 comments:

obat stroke said...

Obat Stroke Iskemik Herbal Alami adalah sebuah solusi untuk anda yang bingung mencari obat untuk mengatasi penyakit stroke, selain itu ada juga Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Herbal yang memang banyak dicari karena sekarang ini banyak sekali penderita penyakit stroke ringan. Obat Stroke Tradisional Alami Ampuh, memang sangat ampuh karena terbuat dari bahan-bahan tradisional. Obat Untuk Stroke Ringan Yang Manjur juga sangat ampuh untuk mengatasi stroke ringan. Untuk itu Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional sangat membantu sekali untuk pengobatan penyakit stroke. Obat Mujarab Untuk mengobati Penyakit Stroke merupakan sebuah obat mujarab yang banyak dijadikan alternatif oleh banyak orang, Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional dan Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Stroke ini sudah banyak membantu orang-orang yang mengidap penyakit stroke dengan menggunakan Obat Untuk Penyakit Stroke Paling Ampuh. Obat Herbal Untuk Penderita Penyakit Stroke ini sangat aman, karena terbuat dari bahan alami yang 100% herbal. Obat Tradisional Untuk Penyakit Stroke Berat pun tersedia untuk anda yang memang mengalmai stroke berat. Untuk itu baik Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Penyakit Stroke, Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Maupun Berat, ataupun Obat Herbal Yang Mampu Untuk Mengobati Penyakit Stroke sangat baik dan berkhasiat sangat tinggi untuk mengobati penyakit stroke hingga tuntas.

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »