Monday, May 17, 2010
1
Ambil hikmah dibalik cerita ini dan mudah mudahan bermanfaat......



Al kisah...............


Seorang laki-laki warga Khurasan yang gemar mengoleksi batu batuan berkhasiat , suatu hari melewati jalan kota mesir , Ia melihat sebuah batu yang dikenalnya dijual dipinggir jalan . Bentukbatu itu cukup indah , dan beratnya sekitar setengah kilogram saja dan berkhasiat mengusir lalat yang berada disekitarnya.dia sudah bertahun yanhun mencoba mencari jenis batu ini namun tak berjumpa , tanpa diduga dia menemukannya di kota mesir .


 Ia segera mendekat dan bertanya kepada pedagang yang menjualnya , seraya berkata " berapa harga batu ini ? " , sipedagang menawarkan dengan harga 5 Dirham , tanpa pikir panjang lelaki itu membelinya .


Namun setelah beberapa langkah berjalan , ia mendengar si pedagang mengolok-oloknya dengan pedagang lain di sebelahnya seraya berkata "


Beberapa hari yang lalu aku melihat batu itu dibuat main main oleh anak kecil , aku memintanya dan sebagai imbalan aku berikan manisan dan anak itu senang sekali .Tapi orang itu malah berani membeli 5 Dirham . Dasar dungu..!! "


Mendengar olokan si pedagang , lelaki pembeli berbalik arah seraya berkata :


" akan aku buktikan . Sebenarnya yang dungu itu aku atau engkau ?! "


" Bagai mana bisa begitu ??" kata pedagang.


" ayo bangun dan ikutio aku . Akan kutunjukkan padamu khasiat batu ini " kata lelaki tersebut.


Mereka berdua berjalan menuju pedagang kurma yang ditaruh diatas talam besar dan dikelilingi banyak lalat . lelaki itu mengeluarkan batu yang baru dibelinya dan diletakkan di tengah talam kurma , seketika itu lalat yang hinggap lansung pergi , ketika batu diambil lalat kembali hinggap di tumpukan kurma tersebut , dan itu dilakukan hingga 3 kali dan sipedagang batu tadi terkesima.


 " Hai.... Dungu....! ini batu pengusir lalat yang sudah lama aku cari , mulai dari Khurasari hingga akhirnya aku temukan darimu dengan harga yang sangat murah sekali , aku bisa menjualnya dengan harga yang tak terkira kepada kaum bangsawan ataupun pejabat . Kalau saja kamu menjualnya tadi dengan harga 500 Dirham . Aku pasti setuju tanpa harus menawar lagi satu Dirham pun . Jadi siapa yang dungu...?! "


 Mendengar penjelasan tadi sipedagang batu lansung pingsan . dan tak lama kemudian dia sadar dan pulang dengan wajah menyesal...






Wahai sahabat... Apa yang kita dapat dari cerita ini ??






Salam ku..









TSA ( AAN )

1 comments:

salasiah said...

yach inspiratif banget pak kisahnya...ya dari situ rupanya kita tidak boleh merasa paling pintar dan hebat dari orang lain, karena diatas langit masih ada langit lagi..banyak hal yang kita tidak ketahui,sedangkan orang lain mengetahui..memang benar sebagian/separo ilmu itu ada pada teman atau sahabat kita..jadi kita tidak boleh bangga dengan apa yang kita miliki..dan bagaimana pula pendapat anda tentang kisah diatas...

POLLING TEMPAT ACARA ALUMNI ITTIHAD'94 MOHON KESERIUSANNYA

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »