Wednesday, August 18, 2010
0
ENGINE FUEL SYSTEM

COMMON RAIL

Injeksi rel bersama atau dalam bahasa Inggris disebut dengan common-rail injection adalah salah satu metode injeksi bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan sistem penghasil tekanan ditempatkan terpisah dari injektor itu sendiri. Dalam injeksi rel bersama diperlukan suatu penampung tekanan tinggi yang terdiri dari rel dan jalur bahan bakar tekanan tinggi menuju nosel. Tekanan injeksi dapat diatur terpisah dari putaran mesin dan kuantitas bahan bakar yang terinjeksikan dapat diatur menurut batasan tertentu. Tekanan di dalam penampung dapat mencapai 1.600 bar dan dialirkan melalui pipa tegar menuju injektor.


Sistem injeksi rel bersama umum digunakan untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan pengurangan emisi mesin diesel. Hasil akhir dari penggunaan sistem ini adalah pembakaran yang optimal dalam semua rentang beban.


Kelemahan dari sistem injeksi rel bersama adalah tekanan kerja yang sangat tinggi menyebabkan ketegangan material yang tinggi. Implikasi dari hal ini adalah resiko kebakaran dan ledakan yang tinggi bila terjadi kebocoran sehingga perlu penempatan yang hati-hati dari sistem injeksi.

Bosch Common Rail injection system Milestones of development
( sejarah prejalanan Common rail Bosch )

1997:
First Common Rail system in the world for passenger cars.
Injection pressure: 1,350 bar.
First production use: Alfa Romeo and Mercedes-Benz.

1999:
Common Rail system for trucks.
Injection pressure: 1,400 bar.
First production use: Renault (RVI).

2001:
2nd generation Common Rail for passenger cars makes diesel engines even more economical, cleaner, quieter and more powerful. Injection pressure: 1,600 bar.
First production use: Volvo and BMW.

2002:
2nd generation Common Rail for trucks gives lower emissions, improved fuel consumption and more power.
Injection pressure: 1,600 bar.
First production use: MAN.

2003:
3rd generation Common Rail with rapid-switch piezo inline injectors for cars.
Advantages: up to 20 % lower emissions or up to 5 % more power or up to 3 % lower fuel consumption or up to 3 dB(A) less engine noise.
Injection pressure: 1,600 bar.

First production use: Audi.
The 3rd generation Comon Rail from Bosch is characterized by rapid-switch, compact piezo-inline-injectors. The innovative injection system provides for low


Komponen komponen Commond rail fuel system

  1. Suply Pump

  2. Common rail

  3. Pressure limiter

  4. Injector

  5. ECM

  6. Sensor sensor
A. Suply pump

Suply pump adalah pompa yang diperuntukkan mengalirkan fuel ( solar ) dan diteruskan ke tabung HPCR ( hight Pressure Common Rail ) . jumlah dari fuel yang dialirkan diatur oleh PCV ( pressure control valve ) terkadang satu Suply pump menggunakan 1 atau 2 PCV untuk mengatur jumlah aliran yang disampaikan ke tabung HPCR
PCV diartur penuh oleh ECM ( engine control module ) yang mendapat data dari berbagai sensor yang ada di engine

B. Common real


salam hangat ,

AAN







0 comments:

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »