Wednesday, August 18, 2010
0
Assalamu'alaikum .......
hai temans , sesuai dengan janjuku sedikit kupersembahkan ulasan tentang muffler yang di kutip dari berbagai sumber .


MUFFLER


Desain saluran pembuangan dirancang untuk menyalurkan gas hasil pembakaran mesin ketempat yang aman bagi pengguna mesin. Gas hasil pembakaran umumnya panas, untuk itu saluran pembuangan harus tahan panas dan cepat melepaskan panas. Saluran pembuangan tidak boleh melewati atau berdekatan dengan material yang mudah terbakar atau mudah rusak karena panas. Meskipun tampak sederhana, desain sistem pembuangan cukup berpengaruh terhadap performa mesin.[1]

SKEMA URUTAN MUFLER 4 PISTON


1: Ram air,
2 Air filter,
3 mass flow sensor,
4 butterfly valve,
5 air box,
6 Intake runners,
7 inlet valve,
8 piston,
9 exhaust valve,
10 extractor pipes,
11 collector,
12 catalytic converter,
13 muffler


Komponen utama

Umumnya komponen dalam sistem pembuangan terdiri dari :

Kepala silinder, dimana pipa pembuangan dimulai, kecuali pada mesin dua langkah dimana saluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silender.

Exhaust manifold atau exhaust header, dimana pipa dari beberapa ruang bakar/silinder bergabung.

Catalytic converter untuk menurunkan kadar gas beracun, CO, HC dan NOx

Knalpot, pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran.

Peredam suara atau disebut juga muffler, yang berfungsi untuk meredam suara. Pada sepeda motor, peredam bunyi ada di dalam knalpot sedangkan pada mobil umumnya terlihat dengan jelas berupa tabung sebelum ujung pipa pembuangan.

Selain itu ada opsional komponen berupa Turbocharger, yang menggunakan tenaga/energi yang masih tersisa untuk memutar turbin agar udara yang akan dimasukkan ke ruang bakar bertekanan sehingga mesin akan menghasilkan tenaga yang lebih besar.

terimakasih , dan salam

AAN

0 comments:

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »