Hi pengunjung , kali ini saya akan mengulas ulang tentang Hydraulik dasar serta penerapan didalam dunia otomotif , semamat menbaca ...
Hydraulik
adalah cabang dari teknik mesin yang berhubungan dengan transfer kekuasaan melalui medium cair. Selama tekanan dalam cairan ditransfer ke aktuator, rumus pada persamaan sederhana:
p = F / A , dimana
p = tekanan,
F = gaya
A = luas penampang.
Hydraulik
adalah cabang dari teknik mesin yang berhubungan dengan transfer kekuasaan melalui medium cair. Selama tekanan dalam cairan ditransfer ke aktuator, rumus pada persamaan sederhana:
p = F / A , dimana
p = tekanan,
F = gaya
A = luas penampang.
Salah satu yang sangat penting fitur dari hidrolik, yang adalah media paling umum digunakan serta alat tranfer dengan type yang sesuai dengan aplikasi yang apa Hydraulik digunakan , Ini juga perbedaan mendasar antara hydraulik dan pneumatik.
komponen Hydraulik yang paling utama ( MAIN SYSTEM ) adalah
- Pompa Hydraulik
- control valve
- aktuator
Sedangkan untuk control system ( PILOT SYSTEM ) adalah
- Pilot Pump
- Pilot Control
- aktuator
Tidak dapat dipungkiri bahwa Hydraulik mempunyai peran yang sangat besar dalam perkembangan teknologi otomotif dunia , berbagai aplikasi diterapkan dengan menggunakan Hydraulik system , mulai dari Udara darat hingga didasar lautan sekalipun , hal ini tentulah sangat beralasan karena begitu sederhananya system ini sehingga bisa mengurangi banyak komponen mekanikal yang bisa digantikan dengan hydraulik system . Kita ambil contoh Carane dengan menggunakan mekanikal dan crane yang menggunakan system Hydraulik , dari berat dan bentuknya sudah jauh berbeda dengan tenaga yang sama .
Tekanan khas dalam hidrolik sampai sekitar 200 - 400 bar meskipun tekanan yang lebih tinggi yang mungkin, seperti sistem injeksi bahan bakar (solar ), di mana mereka digunakan tekanan sampai 2000 bar. ˙
Keuntungan dari hydraulik
Keuntungan utama dari hidrolika adalah kemungkinan bahwa mesin dipisahkan dari komponen gerak utama seperti Hydraulik Pump atau Torque converter, seperti pada Excavator dan alat berat lainnya juga pada mobil pengguna Hydraulik , di mana mesin biasanya adalah tinggi (misalnya di belakang kabin) sedangkan drive dicapai dengan motor hidrolik atau Cylinder yang langsung di undercarriage atau front attachment juga di komponen power train. Daya ditransmisikan melalui aliran minyak hidrolik melalui pipa dan selang. karena sifat hydrualik memiliki lebih banyak kebebasan dibandingkan dengan drive mekanis, yang akan menggabungkan mesin harus ditempatkan sehingga yang memiliki koneksi mekanik langsung ke roda.
Keuntungan lainnya adalah , hydraulik bisa bergerak bebas hingga system hydraulik biasanya lebih cepat dan gesit dalam bergerak sehingga berhubungan dengan penghematan waktu kerja , dalam penerapan hydraulik system juga mampu menghemat tenaga penggerak ( semisal engine ) karena tenaga yang dihasilkan bisa berlipat ganda dari tenaga penggerak ( contoh ringan adalah dongkrak hydraulik )
Kelemahan dari hidrolik
Kerugian terbesar dari hidrolik banyak terjadi di dunia industri kendaraan kecil yang mana penggunaan hydraulik tidak 100% bisa digunakan (dalam kasus terburuk hanya 30%). Ini berarti bahwa sebagian besar energi yang digunakan dan hilang sebagai panas. Misalnya, menggabungkan kekuatan mesin 100 hp itu akan berarti bahwa dalam kasus terburuk hanya 30 hp sampai ke titik itu, bahkan 70 hp "menghasilkan" panas! Hal ini cukup sebuah contoh ekstrem - tetapi tingkat aktivitas adalah hidrolik umumnya lebih rendah daripada dalam mekanika, yang mengarah ke penghematan bahan bakar yang lebih besar.
Mengapa energy menjadi hilang sia sia ? karena gesekan hydraulik di dalam pompa dan penampang mengakibatkan panas yang mempengaruhi sifat fluid ( menjadi encer ) yang memungkinkan terjadinya loss energy pada system sealing pada penampang dan system pembatas lainnya hal ini juga berpengaruh pada sifat dan spesifikasi oli yang digunakan ( terutama ketahanan terhadap panas ) , untuk mengantisifasi hal tersebut maka diperlukan system pendingin guna mempertahankan suhu kerja dan ketahanan komponen
Pengecualian adalah drive dengan pembagian arus ( flow ), lebih umum pada traktor ,excavator , Dozer beberapa yang mengirimkan mekanik dan satu hidrolik. Mereka mengambil keuntungan dari mekanika, mentransfer sebagian kekuatan mekanik pada beban tinggi, keuntungan dari hidrolika, yang memungkinkan transfer kekuasaan terus menerus. karena yang digunakan pada dunia alat berat adalah system terpadu yang sudah banyak disempurnakan sehingga hasil dari tenaga awal semisal 100 hp bisa menjadi 1000 hp bahkan lebih tanpa adanya LOSS ENERGY ,
Demikian ulasan dasar tentang Hydraulik , dan Mohon ma'af bila ada penyampaian yang salah dan mohon dikoreksi
jika ada waktu saya coba mengulas sedikit tantang prinsip kerja per komponen sepanjang sepengetahuan saya , biasanya sih sedikit kurang :p , karena banyak master dibidang ini di Indonesia dan saya termasuk didalam penggemar mereka ( bukan bagian dari mereka , xixixixixix )
Artikel terkait : ILMU HYDRAULIK , ENGINE , PNEUMATIC , HYDOSTATIK
Salam
TSA
0 comments:
Post a Comment