Wednesday, February 27, 2013
0

Birmingham, Inggris - Setiap orang tua pasti ingin melakukan yang terbaik untuk buah hatinya. Sebuah keluarga di Birmingham, Inggris yang mana orang tuanya melakukan tos dengan koin dalam menentukan siapa yang berhak menyumbangkan ginjalnya untuk putra pertama mereka.


Adam Younis with dad Muntzair and mum Kiran
Adam bersama Ayah ( Muntzair ) Ibu (Kiran Yuonis )

Baik sang ibu, Kiran Younis (25 tahun) maupun sang ayah Muntzair (28 tahun) keduanya memiliki kecocokan dengan ginjal putranya, Adam. Untuk memutuskan ginjal siapa yang akan didonorkan pada sang buah hati, Kiran dan Muntzair pun melakukan cara unik yaitu tos dengan menggunakan koin.
"Kami berada di area luar rumah sakit dan dokter memberikan kami deadline untuk memutuskan siapa yang berhak menjadi pendonor," ujar Kiran, seperti dikutip dari The Sun, Rabu (27/2/2013).
Kiran menuturkan keduanya berdebat hingga akhirnya memutuskan untuk menggunakan tos koin. Kiran pun memanggil sang ibu yang bertugas melempar koin dan baik Kiran maupun Muntzair sudah memilih bagian masing-masing.


Muntzair Younis and his wife Kiran in hospital
Muntzair setelah mendonorkan ginjal
"Itu seperti slow motion, dan saya berpikir 'Ya Tuhan, biarlah saya yang mendonorkan'. Tapi ternyata hasil koin memutuskan suami saya yang berhak mendonorkan ginjalnya untuk Adam," ungkapnya.
Adam yang lahir di Sparkhill, Birmingham, Inggris terlahir dengan kondisi congenital nephrotic syndrome, yang mana ginjalnya berhenti berfungsi menyaring yang membuat badannya membengkak akibat air berlebih, serta ginjal kirinya harus diangkat saat ia berusia 9 bulan.

Sebelumnya dokter mengatakan bahwa Adam tidak akan bertahan hidup sampai usia 18 tahun. Namun nyatanya ia mampu bertahan, meski ginjal sebelah kanannya harus diangkat pada Juni 2011.
Karena sudah kehilangan kedua ginjalnya, Adam pun harus menjalani cuci darah atau dialisis selama hampir 6 bulan hingga akhirnya ia bisa menjalani transplantasi ginjal dari sang ayah pada bulan Desember 2011.

Operasi transplantasi ginjal yang dilakukan Adam berjalan dengan sukses. Kini Adam sudah berusia 4 tahun dan memiliki 2 saudara laki-laki, bahkan ia sudah mulai bersekolah sejak September lalu.
Adam pun membuat lukisan yang diberi judul 'From My Daddy', lukisan ini turut dipamerkan dalam acara perayaan ulang tahun Birmingham Children Hospital yang ke-150.


Adam Younis in hospital
Adam setelah operasi Ginjal
Nephrotic syndrome adalah gangguan pada ginjal yang menyebabkan tubuh mengeluarkan terlalu banyak protein di dalam urine. Pada kasus Adam, kondisi ini terjadi saat ia dilahirkan sehingga dinamakan congenital nephrotic syndrome.

Biasanya disebabkan oleh rusaknya sekelompok pembuluh darah kecil di dalam ginjal yang berfungsi menyaring limbah dan air berlebih dari darah. Akibatnya pasien akan mengalami pembengkakan, terutama di kaki dan berisiko masalah kesehatan lainnya.
Sumber Detik.com





Salam Teladan
TSA













0 comments:

CARI ARTIKEL LAIN