Friday, March 15, 2013
0

Festival Tabot Bengkulu
Jakarta - Tahun 2013 ini, Bengkulu mulai pamer beragam atraksi wisata untuk menarik turis. Berbagai festival seru pun diselenggarakan, salah satunya Festival Bumi Rafflesia. Yuk, ke sana!
"Ada banyak festival yang akan diselenggarakan. Yang pertama Festival Bumi Rafflesia," kata Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, dalam acara Semarak Pesona Bumi Rafflesia, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (14/3/2013) malam.
Festival ini, lanjut Junaidi, nantinya akan mengusung daya tarik wisata alam Bengkulu. Menggunakan kata Rafflesia, Festival Bumi Rafflesia memang dilatarbelakangi, dengan fakta sejarah ditemukannya bunga Rafflesia arnoldii di sana.
"Festival ini akan diadakan pada 27-30 Juni 2013," ungkap Junaidi.
Berbagai acara menarik pun disiapkan, seperti membatik kolosal nasional, lari 10 K nasional, dan off road nasional. "Akan ada juga pergelaran seni budaya, dan lomba cipta lagu daerah," tambah Junaidi.
Festival selanjutnya adalah Festival Pantai Rafflesia. "Kegiatan ini dilatarbelakangi potensi bahari perairan laut Bengkulu dengan pulau-pulau kecil, dan pantai putih," jelas Junaidi.
Rencananya, Festival Pantai Rafflesia akan diadakan pada 27-31 September 2013. Kota Bengkulu pun dipilih sebagai tempat penyelenggaraan.
Sunset di Pantai Panjang Bengkulu
"Acaranya ada kompetisi surfing nasional, volly pantai nasional, sepeda lintas alam nasional, kuliner laut," papar Junaidi.
Belum selesai lho, masih ada pameran yang memperlihatkan hasil bumi yang akan diadakan di Festival Pantai Rafflesia. Festival terakhir yang akan diselenggarakan Bengkulu adalah Festival Tabot.
"Festival ini agenda tahunan," imbuh Junaidi.
Festival Tabot adalah peristiwa wisata budaya yang berawal dari tradisi ritual sebagian masyarakat Bengkulu. Festival ini rutin digelar setiap tahun pada tanggal 1-10 Muharam.
"Tahun ini jatuh pada bulan November," ujar Junaidi.
Festival Tabot akan dilakukan selama 10 hari. Urutan prosesi dapat dilihat oleh seluruh masyarakat dan turis setiap hari. Berbagai acara yang memeriahkan Festival Tabot adalah pagelaran seni budaya, permainan rakyat tradisional, pameran, bazar, dan aneka karya seni khas Bengkulu.
Jadi, jangan lupa ya datang ke 3 festival seru di Bengkulu tahun ini!
Powered by Telkomsel BlackBerry®











0 comments:

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »