Saturday, September 21, 2013
0
Pengunjung yang baik hati
Dalam hubungan sosial kita selalu bersentuhan dengan yang namanya pesan dan rantai komunikasi , namun tidak mudah menyampaikan informasi yang benar sarta berimbang adapun informasi yang berantai seringkali tidak tepat pada sasaran karena kesalahan penyampaian ataupun pesan yang disampaikan tidak sederhana sehingga yang menerima pesan hanya menangkap poin poin tertentu yang justru tidak tepat sasaran dan bukan dari inti pesan tersebut .
Kita simak ilustrasi dibawah :

Berikut adalah sebuah cerita tentang bagaimana sebuah pesan dikomunikasikan secara hirarkis dalam sebuah perusahaan, dari direktur hingga ke karyawan bawahan.

Dari Direktur - Kepada : General Manager
Besok akan ada gerhana matahari total pada jam sembilan pagi ini adalah kejadian yang tak bisa kita lihat setiap hari. Untuk menyambut dan melihat peristiwa langka ini, seluruh karyawan diminta untuk berkumpul di lapangan dengan berpakaian rapi. Saya akan menjelaskan fenomena alam ini kepada mereka. Bila hari hujan, dan kita tidak bisa melihatnya dengan jelas, kita berkumpul di kantin saja.
Dari : General Manager – Kepada Manager
Sesuai dengan perintah direktur, besok pada jam 9 pagi akan ada gerhana matahari total. Bila hari hujan, kita tidak bisa berkumpul di lapangan untuk melihatnya dengan berpakaian rapi. Dengan demikian, peristiwa hilangnya matahari ini akan dijelaskan oleh direktur di kantin. Ini adalah kejadian yang tidak bisa kita lihat setiap hari.

Dari : Manager – Kepada : Supervisor
Sesuai dengan perintah direktur, besok kita akan mengikuti peristiwa hilangnya matahari di kantin pada jam 9 pagi dengan berpakaian rapi. Direktur akan menjelaskan apakah besok akan hujan atau tidak, ini adalah kejadian yang tidak bisa kita lihat setiap hari.
Dari : Supervisor – Kepada : Koordinator
Jika besok turun hujan di kantin kejadian yang tidak bisa kita lihat setiap hari direktur dengan berpakaian rapi, akan menghilang jam 9 pagi.

Dari : Koordinator – Kepada : Semua Staff
Besok pagi, pada jam 9, direktur akan menghilang. Sayang sekali, kita tidak bisa melihatnya setiap hari.
Dari rantai komunikasi diatas jelas bahwa pesan sesungguhnya perlahan memudar dan point yang ditangkap tidak tepat sasaran , siapakah yang paling bersalah dalam menyampaikan pesan ?
Penulis berpendapat yang salah adalah Penyampai pesan pertama dan yang kedua , Mengapa ?
Karena pesan tidak sederhana dan cendrung ada kesia siaan kata yang tak bermakna , seharusnya pesan itu singkat dan padat , sehingga penerima pesan mampu menangkap inti dari pesan tersebut .
Mungkin penyampai pesan pertama tidak salah , tetapi penyampai pesan kedua harusnya lebih bijak menangkap inti pesan pertama dan menyampaikannya secara sederhana dan mudah dimengerti

Temans ......
Dalam berkomunikasi kita harus bijak dan tahu bagaimana menyampaikan inti pesan sebenarnya sehingga tidak ada miss komunikasi antara rantai pertama dan rantai komunikasi terakhir
Apa syarat untuk berkomunikasi efektif dan tepat sasaran ?

A. Kita harus tahu apa apa itu komunikasi efektif

Ada 6 Syarat Membangun Komunikasi Efektif
1.Proses pemindahan pesan dari individu ( Komunikator ) ke individu lain ( Komunikan ) untuk secara optimal mengubah perilaku individu lain tersebut sesuai dengan yang diinginkan
2. Komunikasi diudahakan bersifat dua arah
3. Komunikan bukan hanya masalah verbal tetapi juga lebih banyak non verbal
4. Komunikasi bukan hanya apa yang akan disampaikan ( what to say ) tetapi terutama cara menyampaikan ( how to say )
5. Mempelajari komunikasi bukan hanya menjadi pembicaraan yang efektif , tetapi juga menjadi pendengar yang efektif
6. Sesuaikan komunikasi anda dengan Komunikan anda

B. Faham akan Prinsip komunikasi
C. Memahami konteks komunikasi
D. Mengetahui kendala Komunikasi
E. Perberaan Budaya
F. Asumsi asumsi yang salah

Dalam kesempatan lain saya akan jabarkan syarat berkomunikasi efektif pada postingan lain
Tulisan ini saya rangkum sepulang dari Training Proaktif Supervisory Skill , Bogor 14 Agustus 2013 , Puri Avia Resort

Fasilisator AM Lilik Agung
Special Thanks-for Lilik A Mr and Opsis-HRD PT Hexindo Adiperkasa Tbk

Salam Sukses Selalu

ANNUHSI ǁ™ᵃᵃᶰ™ǁ TSA


















0 comments:

POLLING TEMPAT ACARA ALUMNI ITTIHAD'94 MOHON KESERIUSANNYA

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »