Friday, March 28, 2014
0

"THE BIG PICTURE"


Ketika anda mendapatkan masalah, janganlah anda hanya fokus terhadap masalah tersebut. Kebanyakan orang hanya fokus pada cara menyingkirkan suatu rintangan yang ada di depan mata, tanpa melihat & menganalisis keseluruhan situasi.

Semakin dekat anda dengan rintangan tersebut, semakin "buram" mata & pikiran anda, sehingga anda mengalami kesulitan untuk menyingkirkan rintangan tersebut.

Semakin tinggi posisi anda, semakin dibutuhkan kemampuan untuk "melihat The Big Picture".

Sebagai seorang Pemimpin anda harus mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas anda & tugas tim anda.

Pada saat anda menemukan masalah atau ingin menciptakan suatu konsep kerja, anda harus "melihat The Big Picture".

Bayangkan ada sebuah akuarium sebesar 150 x 50 x 50 cm, anda tidak tau bahwa ada 20 ekor ikan di dalamnya. Nah, sekarang jikalau anda di suruh untuk menghitung jumlah ikan yang ada di dalam akuarium tersebut, maka ada 2 langkah :

Pertama, anda mengambil napas panjang & memasukkan kepala anda ke dalam akuarium tersebut untuk menghitung jumlah ikan yang ada.
Dengan napas yang terbatas & penglihatan yang buram, saya yakin anda akan sulit menghitung secara tepat.

Hal ini mencerminkan bahwa sering kali kita lebih mengambil langkah yang sama, kita lebih sering fokus terhadap suatu masalah.

Langkah yang kedua yaitu dengan menghitung jumlah ikannya dari luar akuarium. Dengan mengambil langkah ini, anda akan dapat melihat semua sudut akuarium tersebut secara keseluruhan, sehingga akan dapat terlihat jelas kemanapun ikan-ikan itu berenang.

Jadi, berpikirlah selalu melihat pada The Big Picture nya! 

Sumber : BC BBM

Salam
ANNUHSI ǁ™ᵃᵃᶰ™ǁ TSA


0 comments:

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »