Monday, September 17, 2018
0



Dunia marketing merupakan dunia didalamnya merupakan perang strategy dan kualitas , adapun langkah langkah yang diambil oleh  perusahaan merupakan langkah yang dianggap strategis dan menguntung kan juga mampu membuat perusahaan bergerak maju di papan atas persaingan bisnis

saya merangkum beberapa langkah yang dianggap perlu untuk kita jalani sebagai seorang yang berkerja di perusahaan trading .

Berikut 6 langkah proses penjualan yang harus dikuasai dan dijalankan

Langkah
6 Langkah
Proses Penjualan

6 Langkah operasi utama
Sales Core knowledge & skills
1
Memahami dan
Pendekatan pasar

1-1 > Pasar: Trend, Demand & share
1-2 > Sebarkan sales reps berdasarkan territory
1-3 > informasi competitor yaitu Jaringan dan struktur operasional, Produk, spesifikasi, Harga & strategi, dll

>Analisa
> tahu kemana harus mencari informasi & data
> trend sejarah
> situasi kompetitif dan proposisi nilai komparatif
2
Target Customer
2-1> Memprioritaskan Customer
2-2> Segmentasi customer – Klasifikasi customer (mengklasifikasi dan menentukan customer “A”, “B”, “C”, “D”)
2-3> Proses pengambilan keputusan dan personil di customer
2-4> Merencanakan dan mempersiapkan untuk kunjungan ke customer

> Memetakan kinerja, potensi, trend pasar customer dan memprioritaskan berdasarkan pada fakta bukan pada preferensi pribadi.
> analisa unit pengambilan keputusan dan merencanakan tindakan hubungan/keterlibatan
> Mencapai tujuan yang ditetapkan
3
Bertemu customer
3-1 > Membuat rencana kunjungan customer
3-2> menjadwalkan kunjungan customer
3-3> Checklist Pra Kunjungan dan mengunjungi customer
3-4 Membangun hubungan dan kesan pertama yang kuat
3-5> interview customer: situasi bisnis dan kebutuhan kunci
> Perencanaan territory berdasarkan prioritas, lokasi, potensi
> Kecerdasan dan kepercayaan diri interpersonal
> bertanya dan menyimak dengan kemampuan meringkaskan kebutuhan kunci dan temuan
> memahami cara menambah nilai di tahap ini dibandingkan Sales rep ‘lain”

4
Menawarkan pada customer
4-1> mempresentasikan proposisi nilai
4-2>Raih minat customer & terlibat secara positif dengan customer
4-3> Proposal customer, menangani keberatan & follow up
4-4> Trade-in & Menjual kembali mesin bekas
4-5> Membuat quotation/quote dan menjawab periode pengiriman
4-6> Laporan informasi kesempatan penjualan
4-7 > Menganjurkan/menginstruksikan pada customer
4-8> Melaporkan forecast penjualan yang akurat

> Tahu proposisi Nilai anda dan mampu mempresentasikannya dengan sangat baik
> Kecerdasan finansial untuk menghubungkan proposal dengan biaya/keuntungan
> keahlian presentasi penjualan
> feature, advantage & benefit untuk nilai tambah maksimal
> menangani keberatan and membangun nilai
> memenuhi semua ekspektasi kunjungan (administrasi, due diligence)
5
Close transaksi
Pastikan dan kerjakan Kontrak
5-1> Menerima Confirmation Order/Mengatur pengiriman
5-2> Menyampaikan/memberikan training yang tepat mengenai mesinnya
5-3> Mengumpulkan account receivable/konfirmasi pembayaran
5-4> analisa faktor kehilangan sales

> Arahkan customer untuk close sale >teknik dan trap/jebakan
> ketelitian finansial dan komunikasi
6
Mendukung customer
6-1> menepati janji
6-2> Follow up customer setelah pengiriman
6-3> Menangani keluhan dengan tepat
> Praktek terbaik untuk mendukung customer
> Ketrampilan menangani Proyek/Orang


Semoga bermanfaat

Salam

TSA

0 comments:

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »