Hi Blogger ... jumpa lagi dengan tulisan ku ,... lagi puasa jadi maklum saja ya .. rada rada ngantuk
Kali ini aku akan kembali mengulas tentang ENGINE TIER 3 .
paki ini yang coba saya bahas adalah :
CARA KERJA INJECTOR atau HOW TO INJECTOR CAN SPRAY THE FUEL ?
Bagi kita yang sudah terbiasa dengan Engine Konvensional akan bertanya tanga , apa yang menggerakkan nozzle pada injector sehingga fuel bisa disemprot dengan sempurna pada tekanan tinggi ?? , dari pada bingung mari kita sama mengulas .
berikut cara kerja sederhana dari Injector , Main komponen yang terkait adalah
1. Fuel Tank
2. Injection Pump
3. ECM ( Engine Control Module )
4. Common Rail
5. Pressure sensor
6. Injector
Fuel tank ,
tentu saja semua tahu kegunaannya , yaitu wadah untuk bahan bakar
Injection Pump
Bertugas untuk mengalirkan bahan bakar ke Common Rail banyak ataupun sedikitnya jumlah aliran akan sangat tergantung dari pressure yang terbaca oleh Pressure sensor , dan akan selalu di kontrol oleh ECM
ECM ( engine Control Module )
Komponent utama yang satu ini adalah Jantung dari detak keseluruhan system , terdiri dari kumpulan IC Gate dan memory berkecepatan tinggi untuk mengontrol banyak atau sedikitnya bukaan solenoid yang ada pada engine termasuk solenoid Injector . ECM mengontrol bukaan solenoid pada Suply Pump ( Injection Pump ) kemudian sekaligus membaca Pressure yang ada pada Common Rail melalui Pressure Sensor dan ketika proses kontrol suply tersebut berlansung ECM juga harus menyuply Arus listrik pada Solenoid Injector sesuai dengan FO ( Firing Order ) engine yang InsyaAllah akan saya bahas juga di lain Postingan
Common Rail
Adalah komponen yang berbentuk tabung yang berguna untuk menampung fuel yang bertekanan tinggi sebelum di suply atau diteruskan ke injector
Pressure Sensor
Adalah komponen yang bertugas membaca pressure yang ada pada Common Rail yang bertekanan tinggi untuk selanjutnya akan memberi sinyal ke ECM
Injector
Aktuator ( komponen tujuan ) ini sebagai penyemprot fuel kedalam ruang bakar engine mempunyai 6 mekanikal komponen untuk prores pray , cara kerjanya dimulai dari tekanan tingginpada common Rail menekan Hydraulik piston sehingga nozzle terutup pada kondisi ini pressure injector sama dengan pressure common rail , selanjutnya solenoid yang akan berkerja pada waktunya diperintahkan maka TWV ( valve inner dan valve outer ) akan membuka sehingga ada perbedaan pressure pada nozzle dan fuel mendorong hydraulik piston da menberi ruang fuel untuk keluar melalui celah lobang nozzle sampai valve TWV tertutup kembali dan ECM menghehtika suply arus listrik ke solenoid Injector dan menutup jalur drain injector sehingga pressure injector kembali sama dengan pressure common rail .
demikian sekilas tentang Injector bacaan terkait bisa ditemukan pada label ENGINE
Semoga bermanfa'at
TSA
Kali ini aku akan kembali mengulas tentang ENGINE TIER 3 .
paki ini yang coba saya bahas adalah :
CARA KERJA INJECTOR atau HOW TO INJECTOR CAN SPRAY THE FUEL ?
Bagi kita yang sudah terbiasa dengan Engine Konvensional akan bertanya tanga , apa yang menggerakkan nozzle pada injector sehingga fuel bisa disemprot dengan sempurna pada tekanan tinggi ?? , dari pada bingung mari kita sama mengulas .
berikut cara kerja sederhana dari Injector , Main komponen yang terkait adalah
1. Fuel Tank
2. Injection Pump
3. ECM ( Engine Control Module )
4. Common Rail
5. Pressure sensor
6. Injector
Fuel tank ,
tentu saja semua tahu kegunaannya , yaitu wadah untuk bahan bakar
Injection Pump
Bertugas untuk mengalirkan bahan bakar ke Common Rail banyak ataupun sedikitnya jumlah aliran akan sangat tergantung dari pressure yang terbaca oleh Pressure sensor , dan akan selalu di kontrol oleh ECM
ECM ( engine Control Module )
Komponent utama yang satu ini adalah Jantung dari detak keseluruhan system , terdiri dari kumpulan IC Gate dan memory berkecepatan tinggi untuk mengontrol banyak atau sedikitnya bukaan solenoid yang ada pada engine termasuk solenoid Injector . ECM mengontrol bukaan solenoid pada Suply Pump ( Injection Pump ) kemudian sekaligus membaca Pressure yang ada pada Common Rail melalui Pressure Sensor dan ketika proses kontrol suply tersebut berlansung ECM juga harus menyuply Arus listrik pada Solenoid Injector sesuai dengan FO ( Firing Order ) engine yang InsyaAllah akan saya bahas juga di lain Postingan
Common Rail
Adalah komponen yang berbentuk tabung yang berguna untuk menampung fuel yang bertekanan tinggi sebelum di suply atau diteruskan ke injector
Pressure Sensor
Adalah komponen yang bertugas membaca pressure yang ada pada Common Rail yang bertekanan tinggi untuk selanjutnya akan memberi sinyal ke ECM
Injector
Aktuator ( komponen tujuan ) ini sebagai penyemprot fuel kedalam ruang bakar engine mempunyai 6 mekanikal komponen untuk prores pray , cara kerjanya dimulai dari tekanan tingginpada common Rail menekan Hydraulik piston sehingga nozzle terutup pada kondisi ini pressure injector sama dengan pressure common rail , selanjutnya solenoid yang akan berkerja pada waktunya diperintahkan maka TWV ( valve inner dan valve outer ) akan membuka sehingga ada perbedaan pressure pada nozzle dan fuel mendorong hydraulik piston da menberi ruang fuel untuk keluar melalui celah lobang nozzle sampai valve TWV tertutup kembali dan ECM menghehtika suply arus listrik ke solenoid Injector dan menutup jalur drain injector sehingga pressure injector kembali sama dengan pressure common rail .
demikian sekilas tentang Injector bacaan terkait bisa ditemukan pada label ENGINE
Semoga bermanfa'at
TSA
3 comments:
salam kenal aja,love,peace and gaul
saryadinilan , salam kenal balik bro :) , tunggu kehadiranku .
With love ang peace ... !!
nice posting gan balas kunjungan nih...
Post a Comment