Sunday, October 30, 2011
0
Polemik tentang ayam dan telur tak habis habis untuk digali sebagai guyonan dalam perbincangan ringan , tapi tahukah kita mana yang lebih dahulu ? ....
Temukan jawabannya dalam kisah berikut .


Suatu ketika diadakanlah sayembara untuk mencari jawaban mana yang lebih dahulu ada TELUR ATAU AYAM ?. yang membuat sayembara ini adalah seorang raja yang nantinya sekaligus sebagai penilai . masing masing peserta diwajibkan mengemukakan alasan yang masuk akal  kenapa salah satunya lebih dahulu tentu dengan imbalan yang besar namun bila gagal akan nendapatkan hukuman .

Maka hari yang dinantipun tiba

Peserta 1 :
" Yang pertama ada adalah telur !! " seru nya
Baginda bertanya , " Mengapa ? "
" Karena bila ayam yang pertama itu tidak mungkin karena ayam berasal dari telur " Jawabnya
" Kalo begitu siapa yang mengerami telur itu ? " . Sanggah Baginda raja , seketika sipeserta pucat pasi tak bisa menjawab pertanyaan selanjutnya , maka dia mendapatkan hukuman di penjara selama 1 minggu .

Peserta 2 :
" Paduka yang mulia , sebenarnya telur dan ayam tercipta dalam waktu yang bersamaan " jawabnya
" Bagaimana bisa bersamaan ? " tanya sang raja .
" Bila ayam lebih dahulu itu tidak mungmkin , karena ayam berasal dari telur sebaliknya jika telur lebih dahulu tentu tidak masuk akal karena telur tidak akan menetas jika tidak dierami oleh ayam " jawabnya dengan mantap .
" Bukankah ayam betina bisa bertelur tanpa ayam jantan ? " sanggah baginda , dan seketika peserta kedua juga tak mampu melanjutkan berdebatan ayam telur ini dan di jeblosan ke penjara selama 1 minggu .

Peserta ke 3 :
" Paduka , sebenarnya ayam tercipta lebih dahulu dari telur " katanya
" Sebutkan alasanmu " pinta baginda .
" Menurut hamba , yang pertama tercipta adalah ayam betina " jawab peserta 3
" Lalu bagaimana ayam betina bisa beranak pinak sampai sekarang sedangkan ayam jantan tidak ada ? " sanggah baginda raja .
" Ayam betina bisa bertelur tanpa ayam jantan , telur dierami sendiri lalu menetas dan melahirkan anak ayam jantan . Kemudian menjadi ayam dewasa dan mengawini induknya sendiri " katanya menjelaskan .
" Bagaimana jika ayam betina mati sebelum ayam jantan yang sudah dewasa sempat mengawininya ?" tanya baginda raja .
Peserta 3 tak bisa menjawab pertanyaan tersebut dan dijebloskan kedalam penjara .

Paresta 4 :
" Yang pasti adalah telur yang lebih dahulu "
" Coba terangkan dengan logis " seru baginda raja
" Ayam bisa mengenal telur sedangkan telur tidak mengenal ayam ! " kata peserta 4 tersebut dengan santai .
Lama baginda termenung mentelaah maksud dari perkataan peserta yang satu ini . sehingga mengertilah dia arti kata yang dimaksud , maka peseta 4 adalah pemenang dari sayembara ini .

Dari cuplikan peristiwa diatas tentulah kita sadari bertapa sia sia mengkaji siapa yang duluan dalam hal tertentu  , yang jelas manfaat yang ada dibalik itu semua sama saja . antara telur dan ayam sama sama bermanfa'at untuk manusia tak perduli mana yang lebih dahulu , yang ada adalah mana yang duluan lebih bermanfa'at . dari jawaban peserta terakhir mengisyaratkan bahwa yang duluan biasanya tidak tahu siapa yang berikutnya mengetahui , semisal penemu lilin tidak tahu siapa penemu lilin baru sesudahnya sebaliknya penemu lilin baru akan tahu siapa penenu lilin yang petamakali .

So... semua terserah anda , MANA YANG LEBIH DAHULU ? TELUR ATAU AYAM !!!
jika anda memerlukan telur maka anda membutuhkan ayam untuk menelur , sebaliknya jika anda membutuhkan ayam maka anda juga membutuhkan telur untuk menetaskan ayam . :)
Bingung ??

Salam bingung

TSA



0 comments:

POLLING TEMPAT ACARA ALUMNI ITTIHAD'94 MOHON KESERIUSANNYA

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »