Wednesday, September 11, 2013
2
BAGI sebagian orang, selalu tampil awet muda adalah sebuah kebanggaan. Nah, untuk menjaga penampilannya, sangat dianjurkan untuk menjaga pola tidur yang sehat. Sebab kurang tidur bisa bikin penampilan tampak lebih tua dari umur sebenarnya.

Untuk pertama kalinya, ilmuwan dari University Hospital Case Medical Center menemukan bahwa kualitas tidur berhubungan langsung dengan kesehatan kulit. Kurang tidur membuat kulit cepat rusak, sehingga tampak lebih tua dan tidak menarik lagi.

Ilmuwan Elma Baron, MD mempresentasikan hasil penelitian itu dalam International Investigative Dermatology Meeting di Edinburgh, Skotlandia musim semi ini.

"Penelitian kami untuk pertama kalinya menyimpulkan bahwa kurang tidur berhubungan dengan berkurangnya kesehatan kulit dan mempercepat penuaan kulit," kata Elma, seperti dilansir laman Sciencedaily, Senin (9/9).

Menurut Elma, fungsi kulit adalah melindungi tubuh dari berbagai stressor seperti racun-racun di lingkungan, radiasi sinar ultraviolet dan kerusakan DNA (Deoxyribo Nukleic Acid) akibat terbakar sinar matahari. Kurang tidur membuat sel-sel kulit cepat rusak dan mengalami penuaan dini.

Dalam penelitian itu, Elma melibatkan 60 perempuan berusia antara 30 tahun hingga 49 tahun, dan hampir setengahnya memiliki kualitas tidur yang buruk. Seluruhnya menjalani pemeriksaan kulit, sekaligus diminta mencatat pola tidur selama seminggu untuk kemudian dilaporkan.

Kesehatan kulit dan penampilan para partisipan dinilai berdasarkan hasil pemeriksaan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa, partisipan yang kurang tidur memiliki skor penampilan 2,2 sedangkan yang cukup tidur memiliki skor 4,4. Partisipan yang kurang tidur mengalami pigmentasi yang tidak merata, hilangnya elastisitas kulit dan munculnya keriput

Sumber : RB


Salam Sehat

TSA

2 comments:

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya benar sekali pak kalau kita kurang tidur pasti muncul mata panda. jadi nggak pede dech hikz hikz :)

Tengku Said Annuhsi said...

нέнέнέ
Iya Bu Eka , saya skr suka tidur larut lansung kelihatan dari kulit dan kantung mata :D
Kudu banyak tidur lah :p

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »