Monday, August 06, 2018
0

Apakah Anda bisa tebak, perusahaan mana yang terbesar di dunia dalam nilai penjualan saat ini ? GE ? GM ?  Oil company ? Microsoft ? Ternyata salah!  Perusahaan terbesar di dunia saat (2004 : red) ini adalah Walmart.  Samuel Moore Walton adalah pendiri sekaligus CEO pertama Wall Mart.   Dia seorang pria desa yang baik hati, rendah hati, sederhana, pekerja keras, sekaligus pemimpin perusahaan global yang sangat dekat dengan karyawan yang dia sebut sebagai associate  dan para pelanggan yang dia sebut sebagai mitra.   Sam Walton dikenal sebagai pemimpin yang sangat antusias dan motivator yang sangat luar biasa.

Sam ”Walmart” Walton merupakan pemimpin di dunia bisnis yang punya visi menjadikan Wallmart menjadi salah satu perusahaan yang tidak saja terbesar di Amerika tetapi menjadi perusahaan global yang pertumbuhannya melebihi para pesaing utamanya. Sam Walton bermimpi untuk menghadirkan sebuah ”superstore” yang memberikan keramahan pelayanan, kenyamanan tempat, keamanan berbelanja, harga murah, dan variasi barang yang beragam dengan kualitas prima bagi para pelanggan. Agar mimpi bisa terwujud, Sam Walton senantiasa membagikan mimpinya pada para karyawan Walmart. Ia lalu berkeliling untuk bertemu muka dan berkomunikasi dengan para manajer toko, dan pegawai di berbagai outlet Walmart di seluruh dunia. Usahanya ini membuahkan kesamaan visi, sehinga seluruh jajaran bisa bersinergi untuk meraih sukses yang telah dimimpikan bersama.

  Ketika Sam Walton, ditanyakan apa kunci keberhasilannya membangun Walmart menjadi perusahaan yang memiliki keberhasilan luar biasa dan telah memiliki penjualan tahunan di atas 700 triliun rupiah, serta menjadi perusahaan pertama di dunia yang telah sukses melakukan transformasi bisnis ditahun 80-an, maka  dia menjawab dengan sangat rendah hati : Semangat besar, visi, teamwork, komunikasi dan kerja keras tetapi yang terpenting dari semua itu adalah semangat besar. 

Sam Walton tidak sekadar ngomong, dalam setiap rapat rutin, rapat pemegang saham, rapat dengan pemasok, dan setiap perjalanannya bertemu para karyawannya di lapangan dia selalu memimpin para karyawannya meneriakkan  yel-yel yang khas untuk menyemangati diri mereka.  Salah satu yel kebanggannya, yang juga diteriakkan ribuan karyawannya ketika menyambut President Amerika Serikat dan First Lady Bush ketika menyematkan Presidential Medal of Freedom Award yakni penghargaan tertinggi di Amerika untuk warga negara sipil menjelang akhir hidupnya, yang tetap berjuang melawan penyakit kanker tulang, adalah “Give me WalMart !  Who’s number one ?  The Customer !”  Yel-yel WalMart yang membahana diteriakkan ribuan karyawan dengan penuh kebanggan sekaligus penuh haru.  Sam Walton yang memasuki panggung dengan kursi roda sangat bangga melihat semangat yang sangat besar para associatenya.  Sejarah kemudian mencatat bahwa inilah pertemuan terakhir mereka.

  1. Bagaimana pendapat Anda tentang kepemimpinan Sam Walton ?  Kenapa Wallmart yang sudah ditinggal          Sam Wallmart ,almarhum masih tetap menjadi perusahaan terbesar di dunia saat ini ?
  2. Apakah setiap pemimpin perlu melakukan transformasi menuju 3,5 C – 4C ?  Mengapa?
  3. Menurut Anda hal-hal apa lagi yang harus dimiliki para pemimpin 4C  seperti Sam Walton ?

0 comments:

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »