Sunday, December 29, 2013
0
Salam Blogger :)
Lama tak Update ya ... нέнέнέ
Tulisan hari ini tentang Penipuan Atas Nama Teman
Ada banyak modus penipuan untuk meraup uang haram dengan mengaku ngaku sebagai kolega ataupun sebagai orang yang kita kenal

Dalam beberapa kasus penipuan yang sempat penulis rangkum ada banyak korban yang tidak terlalu teliti menyikapi informasi yang diberikan .
Sebagai contoh , anak kita kecelakaan dan dibutuhkan segera darah dan minta kita transfer secepatnya jika tidak nyawa anak tidak tertolong , beberapa kasus penipu ini berhasil - SELAMAT - :) :)
Baru beberapa menit lalu saya ditelpon dengan nomer +6281313982651 , yg menanyakan kabar dan posisi kita dimana tanpa menyebutkan namanya , karena kita penasaran kita akan bertanya ini siapa ? , pada tahap ini kita akan diarahkan untuk menebak sendiri , kemudian penipu akan meminta kita menggantikan nomer yg kita tebak tadi dengan nomer yang dipakai untuk menelpon .

Jika tahap instruksi ini kita ikuti , kita tidak akan menyadari kalau yang menelpon nantinya penipu karena kita anggap itu teman kita yang kita kenal .
Tahap berikuitnya setelah perbincangan seselai , beberapa menit atau beberapa jam kemudian dia akan menelpon ( tentunya akan keluar nama teman yg kita gantikan nomer HP nya ) , tahap ini dia akan meminta kita untuk meminjamkan uang dengan alasan dia lagi diluar dan dompet tertinggal atau alasan lainnya caranya di transfer , Masa ini adalah masa yang sangat kritis karena kita akan dihadapkan pada kepercayaan terhadap teman tadi , beberapa kasus cara ini Berhasil , - SELAMAT- .
Bagaimana cara mengatasi penipuan ini ?
Pertama ,
Jika mandapat telpon dengan berita apapun , kita diminta untuk tidak panik atau tidak berfikir jernih

Kedua ,
Jika kita diminta menyimpan nomer baru , konfirmasikan dulu ke nomer lama , atau disimpan dengan nama teman ditambah dibelakang namanya BARU atau inisial yg kita tandai bahwa ini masih meragukan .
Ketiga ,
Jangan pernah memberi nomer taman kita yang lain jika dia memintanya karena teman yg kita berikan nomernya bisajadi akan menjadi target berikutnya
Keempat
Jika kita terlibat dalam perbincangan telp yang mengaku sebagai teman kita tadi , untuk lebih yakin tanyalah nama teman kita atau apapun yang berkaitan dengan kegiatan kita bersama penipu yang memakai nama teman kita , semisal "oh iya , nama tempat kita-Makan kemari apa ya ? Saya pengen kesana lagi " atau " Bro , proyek apa yg kemarin kita bincangkan " dan seterusnya yg kita ingat waktu perbincangan denganteman kita sebenarnya .
Tahap ini adalah tahap dimana kebenaran akan terungkap jika dia menjawab dengan benar maka dia memanglah teman kita , jika gagap dan ngawur dia adalah PENIPUNYA .
Okay Blogger , sekian dulu cara mengatasi penipuan dengan mengatasnamakan orang yang kita kenal
Semoga bermanfa'at , dan saya yakin penipunya juga akan search google tentang modus ini dan membaca postingan saya ini . :p :p

Selamat berakhir pekan dan selamat berakhir tahun

Salam
Annuhsi ǁ™ᵃᵃᶰ™ǁ TSA










0 comments:

POLLING TEMPAT ACARA ALUMNI ITTIHAD'94 MOHON KESERIUSANNYA

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »