Friday, July 19, 2019
0
Suatu hari di kampung nelayan
Sang kapten yg berpengalaman  membuat langkah yang sedikit extrem untuk menangkap ikan di sebuah palung yang banyak ikannya
Kapten : "hari ini kita akan ke palung A untuk menangkap ikan yg lebih banyak "
Awak 1 : "jangan Kep ! , Disana gelombang tinggi"
Awak 2 : " saya tak mau ! , Disana beresiko sekali
Awak 3 : " saya gak mau mati di palung itu , anginnya terlalu kencang !.
Awak 4 : "saya ikut Kep " .☺

Semua awak :  berbisik bisik , " jangan jangan si kapten gak suka sama kita , dan mau menyingkirkan kita nih !!!, Dan maunya dia kita keluar sepertinya dari team ini .
Kapten : "kalau begitu yang tidak ikut silahkan keluar dan yg ikut silahkan tetap di kapal ini untuk menangkap ikan bersama saya "😊.
Awak 3 : saya keluar dari team dan gak ikut ke palung ! 😡.

Dan berangkatlah sang kapten bersama awak yang tinggal , namun uniknya awak 1 dan 2 sepanjang perjalanan dan sesampai nya di palung selalu ngedumel dan selalu waspada , bedanya awak 2 melangkah dengan hati hati , selalu melihat kondisi angin , gelombang dan kondisi kapal jika ada yg bocor bisa segera di tambal agar kapal tetap mengapung sambil menjaring ikan , sedangkan  si kapten tenang tenang saja .
Setelah menjaring ikan dan kapalpun penuh mereka kembali ke pelabuhan .
Kapten : " bagaimana tangkapan kita hari ini ?"
Awak 1 2 4 : "banyak Kep 😍😍😍 , gak seperti biasanya 😆"
Kapten : "apakah besok masih mau ke palung ?"
Awak 1 2 4 : "mau dong Kep 😍😍😍 hasilnya banyak banget 😊"
Kapten : "apakah sepanjang jalan nanti kalian akan menggerutu lagi ?"
Awak 1 2 : diam gak berani membalas
Awak 4 : hanya ter senyum

Dari cerita diatas , saya ingin mengajak temans untuk mencoba membayangkan teman melakoni peran masing masing tokoh diatas , baca kisah diatas sebanyak 5 kali dan posisikan diri temans memerankan tokoh diatas secara bergilir.

Didalam dunia pekerjaan , terkadang membuat langkah maju itu bukan perkara gampang jika team tidak satu suara dan selalu berfikir negatif terhadap langkah langkah yang diambil oleh atasan , dan ada juga berbagai macam karakter karyawan yang sulit untuk dirubah karena merupakan kebiasaan dan  merasa itulah zona aman mereka .

Cerita diatas membawa kita kepada pengelompokan type karyawan dalam sebuah team , ada yang risktaker , opportunities , Follower dan tegas dalam menentukan pilihan .

Bagaimana hasil yang didapat ? 
kita sudah tahu bahwa
Awak 3 tidak mendapatkan hasil apapun dan hanya bisa melihat kesuksesan awak yang ikut , dan yag lain?

Awak 1 hanya sibuk berfikir resiko yang ada , dia menghabis kan wakyu dan fikiran hanya untuk melihat resiko walau tetap ikut dalam team

Awak 2 walau sibuk mengidentifikasi masalah dan resiko serta bagaimana menghindari dan mengatasinya namun dia juga memberikan sumbangsih dalam pencapaian hasil
kita menyebut awak 1 dan 2 dalam kelompok Opportunities dan Non Risk taker juga Penggerutu

Awak 4 dia berkerja sesuai dengan Visi sang kapten dan tidak takut dengan hasil yang salah , apapun resiko yang disebutkan oleh teman temannya namun dia lebih membayangkan hasil yang akan didapat sesuai dengan resiko yang di tempuh , tidak menggerutu dan selalu optimis .
Kita kelompokkan dia sebagai karyaran Risk taker , Optimist dan mempunyai Visi

Kapten Adalah seorang leader yang mempunyai visi dan misi dan mengerti akan medan yang ditempuh , dia mengerti bagaimana menghindari ombak , angin dan cuaca sehingga dia bisa memutuskan kapan harus ke palung dan kapan untuk menghindar .
Kita sebut dia Leader yang Menganalisa sebelim bertindak  , Visioner dan pemimpin yang BIG PICTURE setta Risk taker


Salam Sukses

TSA

0 comments:

CARI ARTIKEL LAIN

TEKNIK

More on this category »

KEHIDUPAN

More on this category »

PEKERJAAN

More on this category »